Jangan takut buat gagal lagi (dan lagi..)

Success Rate 100% means you're not doing anything new.

Success Rate 100% means you’re not doing anything new.

Konon banyak perusahaan besar yang sangat memahami kegagalan karyawannya. Karena mereka beranggapan inovasi akan hadir dari setiap kegagalan yang ada.

Dengan success rate 100% berarti kita tidak melakukan sesuatu yang baru.

Tapi memang gak sedikit juga perusahaan yang tidak mau menerima kesalahan ataupun kegagalan karyawannya. Apalagi kegagalan yang kita lakukan memberikan financial impact yang cukup besar buat perusahaan. Trus apa yang harus kita lakukan sebagai karyawan kroco ini? Diam saja dan tidak berani melakukan sesuatu yang baru? atau tetap mencoba memberikan inovasi-inovasi dengan siap menerima resiko terburuk?….

Mungkin yang terbaik yang bisa kita lakukan adalah tetap memberikan inovasi untuk perusahaan dengan tetap melakukan perencanaan yang baik. Kegagalan yang berulang dengan jenis kesalahan yang sama jelas itu sesuatu yang buruk yang tidak boleh dilakukan. Tapi kegagalan dengan progress ke arah yang lebih baik dan semakin mendekati ekspektasi perusahaan pasti akan diapresiasi oleh perusahaan.

Coba segala inovasi ataupun usulan yang ingin kita berikan ke perusahaan dibuat dalam beberapa skema atau beberapa alternatif dengan segala kekurangan dan kelebihannya, berikanlah gambaran impact (terutama financial impact) dari alternatif yang kita berikan sehingga manajemen bisa melihat segala kemungkinan yang terjadi ke depannya. Sehingga apabila sebuah keputusan telah diambil perusahaan sudah memahami segala konsekuensinya.

Lalu bagaimana dengan perusahaan yang tetap menyalahkan segala kegagalan yang terjadi. Well, simple.. anggap aja ini sebuah proses, dan apabila proses ini belum diapresiasi perusahaan Anda saat ini, masih banyak perusahaan lain yang akan mengapresiasi perjuangan Anda.

3 thoughts on “Jangan takut buat gagal lagi (dan lagi..)

  1. Banyak factor kenapa sebuah perusahaan masih belum biasa secara lapang menerima kegagalan karyawannya.dan sebagai karyawan kita pun harus belajar banyak dari kegagalan tersebut.sehingga kesalahan tidak terus terulang .

  2. Ya saya sependapat, orang yang sukses saat ini bukanlah dewa yang tak pernah gagal. banyak dari mereka yang gagal berulang kali, Perbedaanya adalah mereka selalu mencoba dan berinovasi, memilih cara-cara yang baru sehingga peluang keberhasilan semakin mendekat.

    Jangan menyerah untuk sesuatu yang membuat kita lebih baik,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s