Fathir – My Newborn Baby (2)

Fathir - Sesaat Baru Lahir

Okay. Mumpung ada waktu buat nulis lagi.. Mau ngelanjutin cerita tentang My Newborn Baby.. Bayi saya pun pada tanggal 02 April 11 telah lahir dengan proces secio dengan berat 2,8 kg panjang 48 cm ketika usia kandungan baru 37 minggu. Hari pertama kelahiran si bayi pun masih dalam tahap observasi 24 jam karena kondisinya masih belum normal.

Kondisi bayi pun berangsur normal. Namun masalah tidak selesai sampai di situ, sang bayi pun mulai diajarkan untuk belajar menyusui langsung dari sang bunda. Akan tetapi karena kondisi bunda nya juga masih fase penyembuhan akibat proses operasi jadi ASI nya belum lancar. Namun info dari rumah sakit dan dari buku yang sempet saya baca.. Bayi baru lahir masih bisa bertahan 2 – 3 hari tanpa asupan apapun. Jadi masih aman..

Pada hari ke-2 sang bunda mulai mengalami pembengkakan pada p*ydara nya karena mungkin kandungan ASI sudah penuh namun tidak dapat tersalurkan. Fase ini terus terang saya lihat merupakan fase menyakitkan buat sang Ibu dan juga sang bayi. Akhirnya perlu dilakukan terapi pijat dan juga di kompres untuk melancarkan ASI nya. Dan saya yakin itu SAKIT. Dan perlahan akhirnya sudah mulai sedikit lancar walaupun media pemberiannya masih menggunakan sendok.

Lebih baik sang Bunda yang menahan sakit daripada melihat bayi kita harus sakit karena belum mendapat asupan ASI yang cukup… dr. Nelly – RSIA Hermina Galaxy

Fathir - Pertama Kali Pulang ke Rumah

Hari ke – 2 sampai hari ke – 3 kondisi masih belum banyak berubah. Mungkin karena asupan ASI nya kurang maka bilirubin nya sedikit di atas normal dan diharuskan untuk di-sinar UV. Alhamdulillah kondisi ini menjadi titik balik dari sang bunda untuk bekerja lebih giat memompa ASI-nya.. Yeaayyy semangat! Dan di hari ke empat pun kondisi bayi sudah normal kemudian di hari ke -5 sudah dibolehkan pulang..

Perjuangan seorang Bunda ketika melahirkan itu entah melalui proses normal maupun secio sama beratnya.. yang bisa dilakukan oleh kita sebagai pihak ketiga hanya bisa terus memberi support dan semangat..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s