Fathir – My Newborn Baby (1)

Baby - Fathir Alvaro Bhamakerti

Udah lama banget gak mampir untuk nge-blog di sini.. Akhirnya ‘nyempetin’ untuk cerita kalau Alhamdulillah telah lahir putera pertama kami tanggal 02 April 2011 pukul 22.22 WIB di RS Hermina Galaxy Bekasi. Pengen cerita sedikit ah tentang proses kelahiran si bayi mungil ini.

Alkisah usia kehamilan istri ketika itu baru memasuki usia kehamilan 37 weeks atau masih sekitar 3 minggu dari rencana kelahiran berdasarkan perhitungan. Pada tanggal 02 April 2011 sore, kami pun berencana kontrol rutin mingguan ke dokter kandungan Dr. Bayu Widianto, Sp.OG di RS Hermina Galaxy. Dari hasil USG terlihat kondisi bayi secara umum baik dan posisi nya pun sudah siap lahir. Seperti minggu2 sebelumnya memang sudah diinfokan ada lilitan tali pusar dan sampai saat itu kondisinya belum berubah.

Kemudian dilanjutkan lah dengan pemeriksaan CTG untuk mengetahui lebih detail kondisi detak jantung sang bayi. Dari hasil pemeriksaan pertama sudah terlihat kondisi detak jantung bayi sudah menunjukkan abnormal. Detak jantung berada diatas normal 120. Dokter Bayu pun merekomendasikan untuk melakukan CTG sekali lagi untuk memastikan kondisi-nya. Ternyata hasil kedua tidak kunjung membaik bahkan dari di atas normal tiba2 turun drastis sampai 60.

Akhirnya saya pun dipanggil dan diajak berdiskusi dengan dokter Bayu dan menjelaskan kalau ada indikasi Tachycardia, yaitu detak jantung di atas batas normal. Jadi disarankan untuk dilakukan proses secio secepatnya. Yup, tanpa persiapan apa2 akhirnya proses secio pun dilakukan saat itu juga.

Kurang lebih 1 jam proses operasi selesai dilakukan sang bayi pun keluar terlebih dahulu, masalah belum selesai. Dokter anak-nya menginfokan bahwa tangisan bayi-nya kurang ‘powerful’.. haduuh.. jadi harus dilakukan observasi 24 jam untuk memastikan kondisi bayi normal dan harus menggunakan selang bantuan pernapasan.

Perlahan tapi pasti.. tangis si kecil pun mulai terdengar semakin kencang.. berharap kondisinya berangsur stabil.

bersambung.

 

 

4 thoughts on “Fathir – My Newborn Baby (1)

  1. congrats bro buat kelahiran putranya…
    sama euy anak saya juga lahirnya pake sectio caesar
    semoga jadi anak yang jadi kebanggaan orang tuanya. amin.

    tenkyu juga.. amin.. semoga anak kita jadi kebanggaan orang tuanya ya.. amin,

  2. Reni berkata:

    Dear pa Indra,
    kebetulan saya lagi browsing info tentang RSIA Hermina Galaxy, ketemu artikel bapak dh.
    saya boleh numpang tanya2 ya?
    saya rencananya mau melahirkan di hermina galaxy karena rsia hermina yang terdekat dengan rmh ya galaxy, nah bs bpk ceritakan ttg poin2 berikut:
    1. untuk ruangan, apakah kelas 1 berarti untuk 1 pasien? ruangannya sempit ga ya? saya pernah menjenguk teman di hermina cabang lain untuk kelas 3 disi 4 pasien dan itu sgt crowded n sumpek sekali.
    2. apakah bpk ada referensi dokter kandungan yang perempuan?
    3. bagaimana pelayanan disana menurut bapak secara keseluruhan?
    4. apa saja yang menurut bapak tidak nyaman?

    trm ksh byk atas balasannya
    salam,
    reni

  3. Hi mbak reni. Karena rumah sakit ini tergolong baru jadi suasana gak tlalu crowded. Susternya jd masih fokus ke pasien yang ada. Pelayanan akan terasa eksklusif walau hanya kelas 1.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s