Demam Berdarah : dari Jus Jambu sampai Fufang Ejao Jiang

Nyamuk Aedes Aegypti

Sejak Rabu 24 November yang lalu sang Ibu harus berbaring di RS Mitra Bekasi Barat. Yup.. Ibu saya kena Demam Berdarah. Trombosit pada saat masuk rumah sakit sudah turun mencapai 60.000 jauh dibawah batas normal yaitu 150.000.  Dan pernah turus sampai 22.000 dan alhamdulillah berangsur naik dan kini sudah diperbolehkan pulang.

Yang ingin saya share adalah banyak yang membesuk sang Ibu membawa bermacam-macam obat-obat non medik yang diklaim bisa meningkatkan trombosit secara cepat. Nah saking banyaknya saya akan coba berbagi buat temen2 tentang obat ‘mujarab’ itu. Mulai dari Jus Jambu Biji sampe dengan Obat China..

Berikut kira-kira obat non medik yang mungkin secara teori medik belum terbukti dapat menyembuhkan atau mempercepat naiknya trombosit pada darah.

Jus Jambu Biji

Mungkin jus jambu biji merupakan hal pertama yang kita dengar jika seseorang terkena demam berdarah. Namun belum ada bukti medis yang menyatakan dengan meminum jus jambu biji ini dapat meningkatkan trombosit seseorang. Tapi mitos jus jambu biji ini sudah sedemikian dipercaya sebagian orang. Saran sih jika tetap ingin mengkonsumsi jus jambu biji ini cobalah menggunakan buah segar bukan membeli jus yang dalam kemasan.

Jambu biji mengandung berbagai mineral dan vitamin, Kandungan vitamin C jambu biji 100 gram 2-3 kali lebih tinggi dari jeruk dengan berat yang sama. Sangat bermanfaat untuk memperbaiki kapiler supaya tidak terjadi kebocoran. Oleh karena itu pencegahan pecahnya kapiler supaya tidak terjadi kebocoran. Oleh karena itu pencegahan pecahnya kapiler dapat dilakukan dengan minum jus jambu biji secara rutin jika sudah muncul kecurigaan, bahwa demam berdarah sedang beraksi di dalam tubuh.

Jus Kurma

Berikut cara membuat jus kurma; untuk yang telah positif DBD menurut dokter, ambil 500 gram korma, buang bijinya lalu diblender dicampur dengan 5 gelas air, sampai lembut. Kemudian minumkan pada penderita setiap jam, satu gelas sampai habis. Insya Allah dengan habisnya jus korma tadi, trombosit penderita normal kembali.

Kandungan yang ada pada setiap 100 gram korma. Agar yang lebih berkompeten dapat mempelajari mengapa jus korma mujarab untuk mengobati demam berdarah, yaitu mineral (calsicum 52mg, iron 1,2 mg, magnisium 50 mg, phosphorus 60 mg, patassium 667 mg. sodium 13 mg, choride 271 mg, sulphur 14,7 mg, manganese 4,9 mg, copper 2,4 mg, zinc 1,2 mg, cobalt 1,9 mg).

Vitamin: vitamin A 90 IU, Tharmin B1 93 mg, Ripovlavine B2 144 mg, Biotin 4,4 microgram, Folio Acid 5,4 microgram, Niacin 2,0 mg, Ascorbic Acid 6,1 mg, Glucose 38,5 gms, Fructose 35,5 gms, Other Sugars 3,4 gms, Protein 2,35 gms, Fat 0,43 gms. Energi 323 cal.

Angkak

Angkak pada dasarnya merupakan produk beras merah yang difermentasi dengan menggunakan kapang Monascus sp. Bahan ini berasal dari negari China dan kerap dikapai sebagai bahan makanan dan produk obat-obatan.Di Taiwan, Jepang, Korea, dan Hongkong angkak kerap digunakan sebagai pewarna makanan alami.

Fufang Ejao Jiang

Ini adalah obat Cina yang berbentuk dalam botol-botol kecil yang diklaim bisa meningkatkan trombosit. Obat ini bisa diperoleh di toko-toko obat tradisional.

Ingat demam berdarah, ingat kurva demam bentuk pelana kuda, yang artinya ketika hari ke 4 demam turun setelah 3 hari sebelumnya panas tinggi, jangan dianggap bahwa demam telah lewat, hari ke 5 demam bisa naik lebih tinggi (dari sebelumnya), dan terjadilah pecahnya kapiler (pembuluh darah kecil). Pada keadaan demam berdarah yang berlanjut terjadilah kebocoran kapiler sehingga pada hari tertentu muncul bintik2 merah. Kematian dapat disebabkan karena kebocoran kapiler secara menyeluruh dan perdarahan di seluruh tubuh.

Prinsip pencegahan kebocoran kapiler dapat dilakukan dengan minum air putih lebih dari biasanya, supaya kapiler tetap intak. Karena diiringi nyeri lambung dan nyeri kepala, maka diharapkan bisa mengurangi aktifitas untuk bisa istirahat, makan dipertahankan supaya tetap teratur, jika tidak mau makan maka akan terjadi kekurangan energi yang nantinya akan memperburuk keadaan.

Sebenarnya obat-obat diatas hanyalah memberikan efek penambah stamina untuk mencegah kebocoran kapiler yang berlebih.. Intinya harus menjaga kondisi tetap fit dan tidak kekurangan cairan aja..

 

– dari berbagai sumber.

4 thoughts on “Demam Berdarah : dari Jus Jambu sampai Fufang Ejao Jiang

  1. Yatica berkata:

    I am so very worried about my brother who had DBD he just got out from a hospital last month and 3 days ago he has to go back to Hospital because of his trombosis went down again and i do not understand at all. Thank you very much, your information about DBD is very helpful.

    Thank you

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s