Indonesia dalam SEA Games 2009

SEA GAMES 2009, Laos

Entah memiliki keterkaitan, namun kondisi olah raga nasional kita ternyata sama terpuruknya dengan kondisi Indonesia pada umumnya. Hal ini sudah terlihat pada babak awal pertandingan sepak bola SEA Games 2009 di Vientiane, Laos dengan dibantainya timnas sepak bola Indonesia U-23 1-3 oleh Laos, di mana sepanjang sejarah persepakbolaan Indonesia tidak pernah kalah dari Laos. Bahkan di pertandingan terakhir timnas kita kembali kalah oleh Myanmar dan duduk sebagai juru kunci group.

Sampai tulisan ini dibuat posisi Indonesia berada di posisi ke-4 dengan 5 medali emas dan 10 perunggu. Lima medali emas Indonesia diawali dari kayuhan sepeda Risa Susanty yang berlaga di nomor downhill putri. Ia menjadi yang terbaik di nomor ini sekaligus peraih medali emas pertama Indonesia setelah mencatat waktu 3 menit 13,22 detik. Torehan waktunya ini memupus ambisi dua atlet Thailand Ausanee Pradupyard dan Deekabalies Vipavee yang harus puas di urutan kedua dan ketiga dengan waktu 3:16.53 dan 13:16,76.

Sukses Risa diikuti Popo Ariyo Sejati yang berlaga di dowwnhill putra. Ia berhak atas torehan medali emas setelah mencatat waktu 2:49,45 disusul Tanaphon Jarupeng dan Kekkaemanee Sitichai keduanya dari Thailand yang mencatat waktu 2:50.84 dan 2:53,92.

Medali emas ketiga Indonesia diraih dari cabang angkat berat, ketika lifter putra Jadi Setiadi yang turun di Kelas 56 Kg tampil menjadi yang terbaik dengan angkatan seberat 274 Kg. Tempat kedua diduduki Phyo Pyae (Myanmar) 266 Kg dan Arnizan Hamizan Hamzah (Malaysia) 265 Kg di di tempat ketiga. Torehan tiga medali emas yang didapat hingga tengah hari kemarin, membawa pengaruh positif bagi karateka Merah Putih. Dari empat medali emas yang diperebutkan pada pertandingan hari pertama Kamis kemarin, Indonesia merebut dua medali emas dari kata perorangan putra dan kata beregu putri. Selain itu kata beregu putri juga mendapat medali perunggu.

Karateka Faisal Zainuddin tampil menjadi bintang tim Indonesia. Ia merebut emas pertama dalam laga di Chao Anuvong dengan merebut kata perorangan putra setelah di final mengalahkan Tan Chee Sheng Malaysia. Perungu bersama diraih Noel Espinosa (Pilipina) dan Inthanousone (Laos).

Selang satu jam kemudian, Faisal bersama dua rekannya Aswar dan Fidelys Lolobua kembali mempersembahkan medali emas setelah di final menang telak 5-0 atas Malaysia. Medali perunggu bersama nomor beregu putra ini direbut Vietnam dan Myanmar.

Sejarah SEA Games dan Indonesia

Asal-usul SEA Games berhubungan erat dengan Southeast Asian Peninsular Games atau SEAP Games. SEAP Games dicetuskan oleh Laung Sukhumnaipradit, pada saat itu Wakil Presiden Komite Olimpiade Thailand. Tujuannya adalah untuk mengeratkan kerjasama, pemahaman dan hubungan antar negara di kawasan ASEAN.

Thailand, Burma (sekarang Myanmar), Malaysia, Laos, Vietnam dan Kamboja (dengan Singapura dimasukkan kemudian) adalah negara-negara pelopor. Mereka setuju untuk mengadakan ajang ini dua tahun sekali. Selain itu dibentuk juga Komite Federasi SEAP Games.

SEAP Games pertama diadakan di Bangkok dari 12 sampai 17 Desember 1959, diikuti oleh lebih dari 527 atlet dan panitia dari Thailand, Burma, Malaysia, Singapura, Vietnam dan Laos yang berlaga dalam 12 cabang olahraga.

Pada SEAP Games VIII tahun 1975, Federasi SEAP mempertimbangkan masuknya Indonesia dan Filipina. Kedua negara ini masuk secara resmi pada 1977, dan pada tahun yang sama Federasi SEAP berganti nama menjadi Southeast Asian Games Federation (SEAGF), dan ajang ini menjadi Pesta Olahraga Negara-Negara Asia Tenggara. Brunei dimasukkan pada Pesta Olahraga Negara-Negara Asia Tenggara X di Jakarta, Indonesia, dan Timor Leste di Pesta Olahraga Negara-Negara Asia Tenggara XXII di Hanoi, Vietnam.

Sampai dengan tahun 2007 yang lalu Indonesia sudah pernah menjadi juara umum sebanyak 9 kali dari 16 kali event SEA Games yang telah dilakukan. Indonesia menjadi juara umum SEA Games terakhir pada tahun 1997 ketika event tersebut dilaksanakan di Jakarta.

Jadi kapan sang Garuda kembali berjaya di Indonesia? Bagaimana bung Andi Mallarangeng sebagai Menpora? Hidup Indonesia..

*dari berbagai sumber

One thought on “Indonesia dalam SEA Games 2009

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s