Antara Coblos, Contreng, dan Centang!

centang-contrengAkhir-akhir ini mungkin sudah tidak asing lagi kalo kita dengar kata ‘contreng’ menjelang pemilu Legislatif mendatang. Sekilas membaca artikel pada kompas.com hari ini, saya jadi penasaran sebenarnya ada gak sih kata ‘contreng’ dalam KBBI (kamus besar bahasa Indonesia).

Untunglah ternyata KBBI ini tersedia dalam jaringan secara online, jadi gak perlu deh tuh cari kamus yang tebel di perpustakaan. Lalu dengan penuh keingintahuan saya ketikkanlah kata ‘contreng’, dan ternyata tidak ada kata ‘contreng’ dalam kamus kita.

Lalu, apa dong yang sebenarnya paling pas untuk menggantikan kata ‘contreng’ sesuai dengan kaidah berbahasa Indonesia yang baik dan benar. Ternyata sebenarnya ada kata yang lebih pas berdasarkan KBBI, yaitu adalah “centang”. Kita lihat nih definisi-nya..

cen·tang /céntang/ n tanda koreksi, bentuknya spt huruf v atau tanda cawang;
men·cen·tang v membubuhi coretan dsb pd tulisan (sbg peringatan)

Mungkin ada baiknya ajang kampanye pemilu tidak hanya mendidik rakyat untuk pandai dalam berpolitik saja dengan tidak memperhatikan kaidah-kaidah berbahasa. Jadi ayo sukseskan Pemilu dengan mencontreng mencentang!

One thought on “Antara Coblos, Contreng, dan Centang!

  1. emang contreng itu baru saya dengar pas pemilu kali ni…. dulunya khan centang atau cawang😦

    mungkin biar terlihat beda dari yang sama ya pak.. yang saya baca sih peraturan tertulis KPU sudah dituliskan kata centang.. ini kali ya yang namanya salah kaprah.. salah karena telah terbiasa.. he

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s