belajar jadi gila #1

child-reading_39361tsaya pengen nulis sesuatu.. tapi kayaknya intro nya agak panjang nih.. hmm. jadi gini pagi tadi tiba2 ada yang menyapa saya melalui yahoo messenger.. “assalamualaikum..” ujarnya.. saya memanggilnya pak cahyo.. beliau-lah yang mengenalkan saya pada dunia berbagi IBSN.. lalu dalam percakapan singkat tersebut beliau sempet bercerita bahwa dia sudah terbiasa untuk posting tulisan minimal 2 hari sekali.. wah luar biasa..

lalu saya bertanya.. “kok saya ga bisa ya.. saya biasanya nulis kalo lagi bete aja.. kalo dunia lagi normal2 aja sepertinya ide menulis pun tertidur pulas..” lalu beliau berbagi tulisannya beberapa waktu lalu yang akan saya coba tuliskan kembali berdasarkan apa yang saya baca.

Tulisan Pak Cahyo ini berjudul “Gila Membaca dan Menulis”.. Gimana sih caranya kita bisa menjadi seseorang yang gila membaca dan menulis.. nah ini ada beberapa tips yang mungkin apabila dilakukan secara terus menerus maka keinginan kita untuk menjadi ‘gila’ pun pasti akan tercapai.

Gila Membaca

Pertama, adalah cari bacaan yang benar2 kamu ingin benar2 baca dan yang memang lagi kamu butuhkan.Misalnya saat ini kamu lagi butuh info mengenai Standar Salary Indonesia 2009, silakan langsung browsing aja dengan oom google dan cari yang kamu butuhkan.

Atau cari tips2 untuk mencari kerjaan bagi fresh graduated, silakan cari sepuasnya dan jika ada artikel yang sesuai dengan kebutuhan Anda silakan Anda simpan karena suatu saat akan bermanfaat bagi Anda. (kok contoh2 kasusnya postingan saya semua yah.. ehehhe.. sekalian promosi gapapa kan)

Kedua, jadikan bacaan Anda sebagai lawan Bicara. Langkah kedua adalah belajar mengomentari apa yang ada dalam tulisan yang sedang Anda baca. Berusaha tidak pasif.. Jika memang lucu silakan Anda tertawa.. jika memang terlalu jelimet silakan berkomentar “wah kok ribet bener yah.. pusing banget bacanya”..

Nah jika tulisan yang sedang Anda baca ada pada sebuah blog.. cobalah pendapat tersebut dituangkan pada kolom komentar dan kalau bisa komentar nya diberikan tidak dalam bentuk satu kalimat aja. contoh..

“Tulisan yang bagus…. ” kalo bisa kasih pendapat lain.. misalnya “Tulisannya bagus.. saya jadi baru tau ternyata.. xxx.. dan menurut saya sebaiknya..xxx.. saya kurang setuju..xxx”

Ketiga, Anda membaca untuk bercerita kepada orang lain. Jadikan kesempatan Anda membaca sebagai motivasi untuk menceritakan kembali kepada orang lain. Contohnya.. “Ma.. tadi saya baca katanya Dewi Persik pacaran ma Aldi Taher ya..” atau “Eh tau gak.. Katanya pemerintah sekarang suka goyang poco-poco sambil maen yoyo loh”.. dst.. makanya cari bahan bacaan ringan yang dapat menambah wawasan Anda dan orang lain di sekitar Anda.

Keempat, Baca apa saja dan di mana saja.. Nah sempatkan waktu Anda untuk membaca kapan saja di mana saja. Jika sedang di angkutan umum beli aja koran.. ada kan yang harganya 1000-an.. atau mungkin yang HP nya dah canggih.. langsung aja browsing secara mobile.

Terakhir, cobalah bergabung dalam milis yang memang sesuai dengan pilihan Anda. Saran saya nih.. jangan gabung dengan terlalu banyak milis. Karena justru malah membuat Anda terlalu pusing melihat Inbox email Anda yang membludak. Pilihlah milis yang memang benar2 sesuai dengan Anda.

Terima kasih pak Cahyo.. dan selamat membaca buat semua..

Untuk membaca tulisan asli baca di sini.

Tinggalkan Balasan

