sumpah presiden AS diulang : ternyata bukan salah Obama..

obama-swornBuat temen2 yang sempet nonton prosesi pengambilan sumpah presiden AS, Barrack Hussein Obama pada tanggal 20 Januari 2009 yang lalu, mungkin sempet berpikir kok si Mr. President tampak gugup dan terkesan cengengesan dan sempat terdiam sehingg ketua MA yang membacakan sumpahnya harus mengulang kembali perkataannya.

Namun berdasarkan info yang saya dapat dari detik.com ternyata kerancuan yang terjadi adalah karena sang Ketua MA, John Roberts tak berurutan dalam mengucapkan sumpah yang harus diikuti oleh Obama tersebut. Berikut kutipan yang salah..

I, Barack Hussein Obama, do solemnly swear that I will execute the office of president of the United States faithfully, and will to the best of my ability, preserve, protect, and defend the constitution of the United States. So help me God.

Padahal berdasarkan konstitusi AS, sumpah tersebut seharusnya berbunyi sebagai berikut..

I do solemnly swear that I will faithfully execute the office of president of the United States, and will to the best of my ability, preserve, protect, and defend the constitution of the United States. So help me God.

Hal itu membuat Obama bingung. Obama sepertinya menyadari ada yang salah hingga dia mendadak berhenti pada kata “execute” dan sempat melirik kepada istrinya sambil tersenyum.

Menyadari ada yang keliru, Roberts pun kemudian mengulang kalimat tersebut. Namun lagi-lagi Roberts melakukan kesalahan. Dia memang mengucapkan kata “faithfully” sesuai urutan namun kata “execute” tidak diucapkannya. Obama pun akhirnya mengulang kalimat awal versi keliru yang disebutkan Roberts: “….the office of president of the United States faithfully.”

Dikarenakan banyak keluhan yang masuk ke Gedung Putih, akhirnya sumpah Obama pun diulang pada tanggal 22 Januari 2009 di Gedung putih di hadapan para wartawan dan pastinya sang Ketua MA. Kali ini sang Ketua MA menyampaikan sumpah dalam urutan yang benar.

Kalo orang Indonesia pasti mikirnya.. wah pertanda apa nih.. semoga saja pertanda baik yah..

2 thoughts on “sumpah presiden AS diulang : ternyata bukan salah Obama..

  1. hehehehe bisa salah juga dia

    menurut info yang saya baca.. ternyata dalam pemilihan ketua MA sebelumnya, Oom Obama ketika menjadi senator adalah salah satu yang tidak setuju John Roberts menjadi ketua MA walaupun pada akhirnya terpilih dengan suara terbanyak.. hmmm.. mungkin ada dendam kali yaaa… hihihihi.. gosip aja nih saya..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s