usus retro di penghujung tahun

sesuai janji saya di posting sebelumnya, akhirnya saya mencoba menyempatkan bercerita sedikit tentang kejadian yang menimpa saya di penghujung tahun 2008 kemarin. alkisah suatu minggu sore 28 desember, ada perasaan yang bergejolak tapi bukan di hati.. tapi melainkan di perut yang entah kenapa semakin terasa sakit melilit.

awalnya saya pikir hanya masuk angin biasa, namun dikarenakan kok kondisinya semakin tak tertahan, sang bunda mengusulkan untuk membawa saya ke UGD untuk menghindari kondisi semakin parah. Sesampai di UGD diagnosa dokter ada kemungkinan ini adalah maag akut atau bisa juga usus buntu. Sebagai tindakan pencegahan sang dokter jaga hanya memberikan obat dan memperbolehkan pulang.

awalnya terasa membaik, namun dari pertengahan malam sampai sekitar jam 2 pagi rasa nyeri semakin menjadi dan langsung saya pun dibawa kembali ke UGD untuk mendapat perawatan, akhirnya dokter pun memvonis kalau usus buntu saya sedang meradang dan harus dilakukan operasi segera mungkin.  Rencananya operasi baru bisa dilakukan jam 7 pagi.

akhirnya operasi pun baru dilakukan sekitar jam 10 pagi dan menghabiskan waktu 4 jam, untuk ukuran operasi usus buntu ini cukup lama karena pada biasanya hanya menghabiskan waktu sekitar 1 – 2 jam saja. Usut punya usut ternyata sang appendix (usus buntu) saya sudah mengalami infeksi dan ada sedikit perembesan.. dan sudah ada perlengketan sehingga menempel pada usus halus.. serem banget kalau denger detailnya.

dan yang gak kalah keren katanya tidak seperti usus buntu pada umumnya yang posisinya ke arah depan, appendix saya ternyata ‘retro’ alias posisinya berputar ke arah belakang sehingga menyebabkan perlengketan dengan usus halus. Ternyata bukan gaya doang yang retro tapi usus juga bisa retro ya..

cerita tidak selesai sampai di situ, ternyata proses penyembuhan juga memakan waktu lebih lama dibanding penderita lain dikarenakan perut saya mendadak gendut dan mengeras, rasanya kembung banget.. sampai2 dokter bilang ‘wah kalo gini terus dalam beberapa hari ke depan terpaksa harus dioperasi ulang karena kemungkinan ada infeksi’.. heh?? operasi lagi.. mampus deh gue?!!.. akhirnya untuk pencegahan dipasanglah semacam selang NGT yang dimasukkan dari hidung langsung ke lambung untuk mengurangi cairan2 yang ada. Nah ini nih paling gak cihui.. rasanya mantap deh tuh selang..

syukurlah setelah 3 hari selang itu bertengger di hidung, akhirnya bisa dilepas dikarenakan perut saya mulai mengempis dan melunak dan saya pun mulai diperbolehkan untuk minum dan makan lunak. Dan setelah hampir delapan hari di RS sampai merasakan suasana tahun baru di RS, akhirnya saya pun diperbolehkan pulang dengan kondisi yang memang belum fit dan berat badan yang ngedrop sampai 5 kg. 5 hari beristirahat di rumah akhirnya saya pun sudah mulai beraktivitas di kantor.

2 thoughts on “usus retro di penghujung tahun

  1. za berkata:

    Ya Allah serem banget Ndra. Sampai ada selang-selang-an gitu.

    Pertengahan tahun lalu, gue juga sempat sakit perut sebelah kanan. Pas puasa! Besoknya, gue istirahat aja seharian. Memang dasar gue males ke dokter, baru ke dokternya 3 hari setelahnya.

    Usus buntu memang mendadak gitu ya Ndra? Semoga lekas baikan deh ya🙂

    hmm rasa-rasa nya mirip2 seperti maag akut.. tapi disarankan sih kalau sakit seperti itu lagi mending langsung segerakan ke dokter aja ya zak.. karena jika ternyata usus buntu nya udah meradang bisa lebih rumit penyembuhannya seperti saya.. dan biaya yang lumayan tuh.. hehe..

  2. cici berkata:

    Masya Allah ndra…
    seorang indra bisa sakit usus buntu ampe dioperasi..:-)
    emang g ngerasa ndra sebelumnya ampe uda parah gitu?
    Tapi sekarang uda baekan kan?
    semoga cepat proses penyembuhannya, maap yaa g bisa jenguk…
    btw, ak sering lho skt perut melilit gt..jadi takut jg niy…

Tinggalkan Balasan

