Tips Mencari Kerja untuk Fresh Graduate

graduatebeberapa waktu yang lalu junior saya ketika di kampus dulu pernah ngomong.. ‘mas indra.. kapan2 posting dong tentang tips-tips mencari pekerjaan khususnya buat para mahasiswa yang baru aja lulus alias fresh graduate’.. mungkin untuk kesempatan kali ini saya coba berbagi berdasarkan pengalaman saya aja ya.. kalo terlalu rumit juga nanti takut terkesan teoritikal banget..

Semoga aja apa yang saya tulis bisa bermanfaat buat para fresh graduate dalam mencari pekerjaan yang sesuai dengan yang diinginkan.

Mencari Posisi yang Sesuai dengan Minat

buat para fresh graduate sebenarnya ada dua gaya mencari kerja, Gaya Pertama adalah gaya sporadis di mana tiap weekend selalu beli harian nasional dan browsing di internet mencari lowongan berbagai posisi tanpa melihat detail requirement pekerjaannya. Nah untuk Gaya Kedua adalah gaya idealis, di mana mahasiswa fresh graduate jenis ini tuh selektif banget untuk melamar pekerjaan, biasanya mereka membuat batasan2 sesuai dengan kriteria yang diinginkan.

Kalo menurut saya, entah Anda termasuk tipe apa dalam melamar pekerjaan, sebaiknya untuk seorang fresh graduate dalam melamar pekerjaan sebaiknya minimal melihat sedikit profil perusahaannya dengan browsing internet juga melihat requirement pekerjaannya. Jika Anda menilai perusahaan yang akan Anda lamar sesuai barulah mengirimkan aplikasi lamaran. Jangan sampai jika Anda sudah mengirim surat lamaran dan kemudian dipanggil lalu Anda tidak berminat hadir, karena ada beberapa perusahaan yang menggunakan database aktif sehingga data Anda bisa di-blacklist tuh.

Membuat Surat Lamaran dan Curriculum Vitae

Nah ini nih yang kalau menurut saya elemen penting dalam melamar pekerjaan, yaitu membuat surat lamaran dan curriculum vitae. Biasanya proses aplikasi tuh ada dua macam yang pertama adalah via pos dan yang kedua adalah via internet baik secara aplikasi online ataupun via email.

Sedikit saran sih, dalam membuat surat lamaran ataupun curriculum vitae buatlah seunik mungkin, tidak berlebihan tapi mencuri perhatian. Gimana tuh caranya? Hmm.. gini aja.. terus terang di HRD pasti menerima ratusan bahkan ribuan aplikasi dan tidak mungkin membaca lengkap semuanya.

Buatlah surat lamaran yang cukup menyampaikan informasi mengenai posisi yang akan dilamar, Anda lulusan mana dengan menyertai IPK, lalu cerita sedikit pengalaman Anda di kampus seperti apa lalu mencantumkan juga nomor telepon atau email yang bisa dihubungi.

Dalam membuat CV saya sarankan tidak lebih dari dua halaman dan jangan menggunakan huruf yang terlalu kecil. Format Standar CV biasanya mencantumkan paling awal mengenai Personal Detail seperti nama, alamat, tanggal lahir, dll. Kalo saran saya jangan cantumkan Personal Detail pada bagian depan CV, justru pada bagian awal ceritakan Anda dalam bentuk satu paragraf.

Apa yang diceritakan? Cerita tentang profil singkat Anda, interest anda, kemampuan anda, kelebihan anda dalam satu paragraf tidak lebih. Lalu selanjutnya coba jelaskan educational background Anda, tidak perlu ditulis dari TK, SD, dan selanjutnya. Cukup SMA dan Universitas. Ceritakan sedikit mengenai skripsi Anda jika perlu. Kemudian ceritakan pengalaman organisasi Anda, lalu setelah itu tuliskan pengalaman non formal Anda seperti course and workshop, saran saya tuliskan pengalaman Anda dari yang sesuai dengan requirement sampai dengan yang tidak sesuai, ga usah banyak2 nanti pusing orangnya yang baca.

Baru lah setelah itu tuliskan personal detail Anda dan juga ditambahkan dengan Interest Area Anda, misalnya Anda tertarik di bidang apa dan perusahaan yang bergerak di bidang apa.

Mungkin ini sedikit bantuan singkat dari saya kalau memang ada yang masih bingung boleh2 nanya lagi kok dan gratis… Gutlak selamat hunting!

8 thoughts on “Tips Mencari Kerja untuk Fresh Graduate

  1. Daniel Setiawan berkata:

    Mas Indra… Thanx banget..
    jadi semangat biar cepet lulus..
    trus “bertempur” lagi cari kerjaan…
    Btw, tar kalo saya lagi “ruwet” pas cari kerjaan
    tak curhat ke mas aja deh…
    masi free to??? ^_^

    Regards

  2. mas Indra, punya ga info CPNS ato lowongan kerja di departemen2 ? butuh banget ni mase…

    waduhhh… belum ada nih mbak.. nanti deh kalo ada saya sharing..

  3. enigma berkata:

    sebenernya kalo nulis alamat tujuan surat lamaran [coverletter], bagusan pake nama manajer yang dituju ato ga sih?

    website bule bilang mending pake. tapi kemaren [ngalamin sendiri], giliran nulis nama manajernya, dibilang songong, “kaya bakal dibaca aja sama pak____”
    emang sih yang ngomong cuma frontliner, tapi kan bete…

    ada tips?

    thx b4

    maksudnya menulis nama manajernya di mana nih? di amplop lamarannya kah? kalo menurut saya ikutin apa yang tertulis di informasi lowongannya aja walaupun ternyata memang kamu kenal manajer-nya.. kalo memang disuruh tulis misalnya. KaDiv HRD ya sudah tulis saja seperti itu.. karena kadang ada beberapa perusahaan yang langsung me-reject lamaran2 yang tidak sesuai dengan persyaratan administrasi yang mereka buat..

  4. Lengkap juga nich tips nya…
    Cari pekerjaan harus lihat kesempatannya dan apakah sesuai dengan kemampuan atau keahlian diri. Cocokkan dengan persyaratan yang diminta.
    bukankah begitu, Mas In.

  5. meta demetria berkata:

    thx mas indra …
    salam kenal juga…
    kalu boleh minta ato kasih liat contoh lamaran ma CVnya juga dunkz…
    kalau boleh kirimin ke email saya🙂
    thx

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s