Pengembangan Karyawan – Identifikasi Kebutuhan

principle-person1Ada anggapan bahwa “jika ingin perusahaan besar.. maka pintar-kan lah karyawannya”.. Nah untuk mengembangkan karyawan ini ada beberapa langkah2 perusahaan yang dapat dilakukan. Tapi perlu diingat, masalah “memintarkan” karyawan ini bukan lah semata-mata tanggung jawab dari HRD-Training Dept semata tapi juga harus mendapatkan dukungan penuh dari pihak manajeman dan seluruh departemen yang ada.

Langkah ideal yang dapat dilakukan adalah melakukan analisis kebutuhan. Di mana di sini kita melakukan proses identifikasi kebutuhan mengenai pengembangan yang paling cocok bagi seorang karyawan. Hal yang mudah dilakukan adalah dengan cara melakukan evaluasi ataupun obeservasi dari atasan masing-masing. Namun, metode ini memiliki kelemahan di mana faktor subjektifitas atasan dalam melakukan penilaian dapat membuat bias arah pengembangan yang paling cocok untuk karyawan tersebut.

Metode lain yang dapat digunakan untuk identifikasi kebutuhan pengembangan adalah dengan menggunakan Assessmen terhadap seluruh karyawan sehingga data yang diperoleh dapat secara valid dari tiap2 individu. Metode ini cukup efektif walaupun dalam pelaksanaannya terasa kurang praktis.

Setelah memperoleh hasil identifikasi pengembangan yang cocok bagi karyawan, maka langkah selanjutnya adalah melakukan perumusan program pengembangan bagi karyawan. Sebenernya ada dua pendekatan yang dapat dilakukan yang pertama pendekatan pengembangan karyawan berdasarkan kelemahan dan kekurangan karyawan, dan yang kedua justru melakukan pengembangan karyawan berdasarkan kekuatan dan kelebihan karyawan – strength based development. Menurut beberapa penelitian metode ini jauh lebih efektif dibandingkan pengembangan yang berdasarkan kelemahan individu.

referensi http://rajapresentasi.com/

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s