referensi training room

dsc00073suatu hari sempat berkunjung ke Kalbe Nutrition, salah satu perusahaan nutrisi di daerah sunter jakarta utara.. di sana saya diberi kesempatan untuk mengunjungi fasilitas training room mereka.. wah kesan pertama adalah takjub.. ruangannya tidak terlalu besar dengan kapasitas maksimal 20 – 30 orang.. tapi kesan yang dirasakan adalah rasa nyaman berada di sana dan sepertinya tidak bakal bosan mendengarkan materi training berjam2..

ruangan ini memang dikhususkan untuk training room.. jadi layout nya membentuk letter U dan boleh dibilang fixed sehingga sulit diubah.. dengan mengangkat tema modern dan minimalis.. ruangannya dominan berwarna hijau muda terang.. tapi tidak memberikan kesan norak sama sekali.. justru lebih memberikan aura bersemangat untuk mengikuti event training yang diberikan.. di salah satu sisinya disediakan beberapa unit komputer yang memang disediakan untuk video learning atau training yang berbasis komputer..

dsc00075memang layout training room bukanlah suatu jaminan utama bahwa proses learning development suatu perusahaan akan berjalan efektif atau tidak.. tapi menurut saya dengan memberikan kenyamanan dan kelengkapan fasilitas untuk kegiatan training secara tidak langsung akan memberikan dorongan tersendiri bagi karyawan dalam menjalani training tersebut..

kalo sedikit bercerita tentang perusahaan tempat saya bekerja.. di mana event training tahunan bisa mencapai 100-200 event inhouse training.. kita sudah memiliki beberapa ruangan yang kondusif untuk melaksanakan training2 tersebut.. namun di awal tahun ruang training tersebut masih merangkap sebagai ruang meeting sehingga terkadang harus berbagi dengan agenda2 lain..

tapi syukur sejak pertengahan sudah diberikan ruangan training yang cukup memadai bisa terisi maksimal hingga 100an orang.. tapi tetap saya pikir improvement harus tetap dilakukan sehingga ruangan training dapat lebih nyaman sehingga memudahkan peserta menyerap materi yang disampaikan.. walaupun belum ada penelitian lebih lanjut mengenai korelasi antara kondisi ruangan dengan kemudahan daya serap materi..

jadi bertanya2 gimana kondisi ruangan training di perusahaan lainnya?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s