harapan dari dunia untuk obama

obama2Pengennya sih gak ngomongin lagi tentang Obama, tapi setiap saat browsing pasti selalu menemukan sesuatu yang menarik tentang beliau. Berikut beberapa petikan yang saya peroleh dari blog mas teguh santosa dari pemimpin-pemimpin besar di dunia yang memberikan tanggapan mengenai kemenangan Obama dalam pemilu AS baru2 ini..

ADA yang memuji setinggi langit. Ada juga yang berkata, “yang kita butuhkan adalah perubahan kebijakan luar negeri Amerika.”

Presiden Amerika George W. Bush
Tuan Presiden Terpilih, selamat. Sungguh malam yang luar biasa bagi Anda, keluarga Anda dan seluruh pendukung Anda. Saya berjanji akan menciptakan transisi yang mulus. Anda akan memasuki sebuah perjalanan yang luar bisa dalam hidup Anda. Selamat, dan go enjoy yourself.

Kandidat Presiden dari Partai Republik, John McCain
Kita telah tiba di akhir sebuah perjalanan yang panjang. Rakyat Amerika telah berkata, dan mereka berkata dengan sangat jelas. Kampanye ini merupakan sebuah kehormatan di dalam kehidupan saya. Hati saya dipenuhi perasaan terimakasih atas semua pengalaman selama ini, juga terima kasih kepada rakyat Amerika yang telah bersedia mendengarkan saya sebelum memutuskan memilih Senator Obama dan teman lama saya Senator Joe Biden.

Perdana Menteri Inggris Gordon Brown
Ini adalah sebuah momen yang akan terus hidup dalam sejarah selama buku sejarah ditulis (This is a moment that will live in history as long as history books are written). Barack Obama memberikan kampanye yang menginspirasi, juga menyemangati politik dengan progresivitas nilai-nilai yang dimilikinya juga pandangannya akan masa depan.

Ketua Komisi Eropa Jose Manuel Barroso
Ini adalah saat untuk membuat komitmen baru antara Eropa dan Amerika Serikat. Kita perlu mengubah krisis yang terjadi saat ini menjadi sebuah peluang baru. Kita membutuhkan kesepakatan baru (new deal) untuk dunia yang baru. Setulus hati saya berharap, di bawah kepemimpinan Presiden Obama, Amerika Serikat akan menggabungkan kekuatan bersama Eropa untuk membawa kesepakatan baru ini, untuk keuntungan masyarakat kita, dan keuntungan seluruh dunia (for the benefit of our societies, for the benefit of the world).

Sekretaris Jenderal PBB Ban-Ki Moon
Ini, saya percaya, sebuah kesempatan yang bersejarah. Saya merasa yakin kita dapat menatap ke depan, sebuah era partnership yang diperbaharui kembali dan multilateralisme baru. Bila ada sebuah masa dimana seluruh dunia harus bersatu padu, sekaranglah saatnya.

Presiden Kenya Mwai Kibaki
Kemenangan Senator Obama adalah kemenangan kami juga karena sejarahnya berawal di sini, di Kenya. Sebagai sebuah negeri, kami sangat bangga atas keberhasilannya. Kami yakin, kepemimpinan Anda sebagai presiden dapat membawa sebuah babak baru bagi dialog antara rakyat Amerika dan masyarakat dunia umumnya.

Mantan Presiden Asia Afrika Nelson Mandela
Kemenanganmu membuktikan bahwa tidak seorangpun di muka bumi ini boleh takut bermimpi untuk menginginkan perubahan agar dunia menjadi tempat yang lebih baik. Kami berharap agar Anda diberkati kekuatanmu dan kemampuan untuk di hari-hari depan yang sangat menantang.

Menteri Luar Negeri Israel Tzipi Livni
Israel berharap kerjasama strategis yang erat dengan pemerintahan baru, Presiden dan Kongres akan melanjutkan kerjasama berdasarkan hubungan khusus yang terjalin diantara kedua bangsa.

Pemimpin Palestina Mahmoud Abbas
Presiden Abbas mengucapkan selamat kepada presiden terpilih Barack Obama atas namanya dan nama seluruh rakyat Palestina, dan berharap dia (Obama) dapat mempercepat upaya untuk mencapai perdamaian. Terlebh karena resolusi Palestina dan problem Arab-Israel merupakan kunci dari perdamaian dunia.

Penasihat Perdana Menteri Nouri Maliki, Sadeq Riqabi
Rakyat Amerika telah memperlihatkan contoh yang begitu baik bagi dunia dengan mengabaikan sikap rasis, dan ini adalah syarat utama demokrasi. Kami di Irak, dengan demokrasi kami yang baru lahir, mengharapkan kerjasama dengan Amerika Serikat.

Penasihat Pemimpin Spritual Iran Ali Khamenei, Ali Aghamohammadi
Presiden terpilih (Obama) telah berjanji mengubah kebijakan (Amerika Serikat). Ada peluang untuk memperbaiki hubungan Amerika dan Iran bila Obama memenuhi janji yang disampaikannya dalam kampanye, termasuk tidak berkonfrontasi dengan negara lain seperti yang dilakukan Bush di Irak dan Afghanistan, juga lebih berkonsentrasi pada persoalan yang dihadapi rakyat Amerika.

Sekretaris Jenderal Liga Arab Amr Musa
Saya menekankan pentingnya pesan yang terus menerus disampaikan Mr. Obama, yaitu bahwa kita semua membutuhkan perubahan, dan itulah yang kami inginkan dari pemimpin baru Amerika Serikat. Kami membutuhkan kebijakan (luar negeri) Amerika yang berdasarkan kejujuran.

Perdana Menteri India Manhmohan Singh
Perjalanan Anda yang luar biasa menuju Gedung Putih akan menginspirasi rakyat tidak hanya di negara Anda tapi juga di seluruh dunia.

Perdana Menteri Pakistan Yousuf Raza Gilani
Pemilihan Anda menandai babak baru dalam sejarah Amerika Serikat yang luar biasa. Sejak lama, ide demokrasi, kebebasan dan kemerdekaan yang diagung-agungkan Amerika Serikat telah menjadi sumber inspirasi. Saya berharap di bawah dinamika kepemimpinan Anda, Amerika Serikat akan melanjutkan (tradisi) sebagai sumber perdamaian global dan ide-ide baru untuk kemanusiaan.

Presiden Afghanistan Hamid Karzai
Saya bangga pada rakyat Amerika atas keputusan besar yang mereka ambil dan saya berharap pemerintahan baru di Amerika Serikat, dan kenyataan bahwa perhatian besar yang diberikan pada kemanusiaan dan perhatian yang kurang pada persoalan ras dan warna kulit saat memilih presiden, akan menyampaikan nilai yang sama pada seluruh manusia di muka bumi. Saya berharap kehadiran Presiden Obama akan membawa perdamaian di Afghanistan, kehidupan di Afghanistan dan kesejahteraan untuk rakyat Afghan dan untuk semua manusia di muka bumi.

Juru Bicara Paus Benedict, Rev. Federico Lombardi
Orang yang percaya berdoa agar Tuhan menerangi jalannya dan membantunya dalam tugas berat yang dihadapinya, yang luar biasa karena arti penting Amerika Serikat bagi dunia global. Kami berharap Obama dapat memenuhi ekspektasi dan harapan yang disandarkan pada dirinya.

Deputi Menteri Luar Negeri Rusia Grigory Karasin
Kabar yang kami dengar mengenai hasil pemilihan presiden Amerika memperlihatkan bahwa semua orang memiliki hak dan harapan untuk menyegarkan pendekatan Amerika terhadap semua persoalan kompleks termasuk kebijakan luarnegeri dan karena itu termasuk juga hubungan dengan Federasi Rusia.

Presiden Prancis Nicolas Sarkozy
Saya memberikan ucapan selamat terhangat dan, melalui saya, juga ucapan serupa dari seluruh rakyat Prancis. Kemenangan Anda yang brilian memberikan (kenyataan baru bahwa Anda harus memiliki) komitmen yang tak kenal lelah untuk melayani rakyat Amerika. Dengan memilih Anda, rakyat Amerika telah memilih perubahan, keterbukaan dan optimisme. Di saat ketika kita semua harus menghadapi tantangan besar, pemilihan Anda mendorong harapan besar di Prancis, di Eropa dan dimanapun di dunia.

Kanselir Jerman Angela Merkel
Dunia sedang menghadapi tantangan yang signifikan di awal masa bakti Anda. Saya yakin Eropa dan Amerika Serikat akan bekerjasama dan dalam semangat saling percaya satu sama lain untuk menghadapi bahaya dan risiko baru, dan akan menggenggam peluang yang diberikan dunia global kita.

Perdana Menteri Belanda Jan Peter Balkenende
Nilai penting kerjasama Eropa dan Amerika Serikat kini lebih besar dari sebelumnya. Hanya dengan kerjasama transatlantic yang erat kita dapat menghadapi tantangan dunia.

Perdana Menteri Kanada Stephen Harper
Saya menunggu kesempatan bertemu dengan presiden terpilih (Obama) sehingga kami dapat melanjutkan upaya memperkuat ikatan khusus antara Kanada dan Amerika Serikat.

Presiden China Hu Jintao
Dalam sejarah baru, saya berharap untuk membawa hubungan bilateral kita, kerjasama konstruktif selama ini, ke tahap yang baru. (In a new historical era, I look forward to taking our bilateral relationship of constructive co-operation to a new level.)

Perdana Menteri Australia Kevin Rudd
Empat puluh lima tahun lalu Martin Luther King punya mimpi tentang: Amerika dimana laki-laki dan perempuan tidak dinilai berdasarkan warna kulit mereka, tetapi berdasarkan isi dari karakter mereka. Hari ini Amerika mengubah mimpi itu menjadi kenyataan.

Perdana Menteri Selandia Baru Helen Clark
Senator Obama akan memimpin pada saat yang begitu penting. Ada begitu banyak tantangan yang menekan yang sedang dihadapi komunitas internasional, termasuk krisis keuangan global dan pemanasan global. Kami mengharapkan bekerjasama yang erat dengan presiden terpilih Obama dan timnya untuk menghadapi tantangan-tantangan ini.

Perdana Menteri Jepang Taro Aso
Di saat dunia menghadapi begitu banyak masalah, saya yakin Amerika Serikat di bawah pimpinan yang luar biasa presiden terpilih Obama akan bergerak ke depan dan bekerjasama dengan komunitas internasional. Dengan presiden terpilih Obama saya akan memperkuat aliansi Jepang-Amerika di masa yang akan datang dan bekerjasama untuk memecahkan masalah global seperti ekonomi dunia, teror dan lingkungan hidup.

Presiden Indonesia Susilo Bambang Yudhoyono
Indonesia berharap di bawah pemerintahan yang baru, (Amerika) akan berdiri di depan dan mengambil aksi nyata untuk menyelesaikan krisis keuangan global, khususnya karena krisis ini dipicu oleh krisis keuangan di Amerika.

Presiden Filipina Gloria Macapagal Arroyo
Kami menyambut kemenangan ini dan menempatkan integritas proses pemilihan di Amerika dan pilihan yang dibuat rakyat Amerika di tempat yang tinggi. Kita semua mencatat proses lahirnya sejarah baru dengan terpilihnya Senator Obama sebagai presiden pertama dari kalangan Afrika-Amerika.

Jurubicara Menteri Luar Negeri Sudan, Ali Al Sadig
Kami tidak berharap perubahan apapun berdasarkan pengalaman kami di masa lalu dengan Partai Demokrat (Amerika Serikat). Ketika itu mengenai kebijakan luar negeri, tidak ada perbedaan antara Republikan atau Demokrat.

Presiden Somalia Abdullahi Yusuf Ahmed
Saya berharap (Barack Obama) membantu menghentkan krisis-krisis besar di muka bumi ini, khususnya konflik tanpa akhir di Somalia. Ini adalah pemilihan presiden yang historis dimana pemimpin yang pantas yang terpilih. Ini adalah saat yang begitu berarti bagi Amerika dan Afrika.

Presiden Afrika Selatan Kgalema Motlanthe
Afrika, yang hari ini bangga atas hal yang telah Anda capai, hanya dapat menatap ke depan, ke arah kerjasama yang menguntungkan kedua belah pihak dan multilateral level dan dalam upaya kita bersama untuk menciptakan dunia yang lebih baik untuk semua yang tinggal di atasnya.

Jurubicara Taliban di Afghanistan Qari Yousuf Ahmadi
Tidak ada kebahagian atau kesedihan di antara kami atas terpilihnya Barack Obama. Persoalannya bukan mengenai perubahan presiden Amerika, tetapi perubahan kebijakan luar negeri Amerika.

Jurubicara Taliban di Pakistan Muslim Khan
Saya berharap Barack Obama menghormati mandat yang diberikan kepadanya, dan daripada menggunakan pajak rakyat Amerika untuk mengubah dunia menjadi dinamit, lebih baik dia menggunakannya untuk kesejahteraan rakyat Amerika.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s