tren mudik bareng dengan motor pun berlanjut..

Dan seperti yang diperkirakan sebelumnya pemudik yang menggunakan kendaraan bermotor pada tahun ini diperkirakan akan meningkat dibanding tahun sebelumnya hingga mencapai 2,5 juta kendaraan. Jika diasumsikan apabila satu kendaraan ditumpangi oleh dua orang maka 5 juta orang pemudik akan pulang ke kampung halaman dengan menggunakan sepeda motor.

Entah mengapa.. saya sangat concern tentang fenomena pemudik motor ini.. jika dilihat dari sudut pandang pemerintah.. berati pemerintah terbukti gagal benar dalam menyediakan sarana transportasi massal yang murah dan nyaman.. apalagi ditambah dengan dampak kenaikan BBM harga tiket transportasi pun mengalami lonjakan yang cukup signifikan. Maka tidak salah banyak pemudik mengalihkan pilihannya untuk mengguna sepeda motor sebagai alternatif terakhir.

Murah pasti.. Cepat juga pasti.. tapi aman? itu masih dipertanyakan.. berdasarkan data sebelumnya jumlah kecelakaan selama mudik lebaran dari tahun ke tahun relatif meningkat dan mayoritas yang mengalami kecelakaan adalah para pemudik sepeda motor tadi. 

Sedikit beberapa poin utama yang saya peroleh dari salah satu blog tetangga tentang persiapan mudik dengan menggunakan kendaraan bermotor secara aman.

  1. Siapkan mental dan kepercayaan terhadap diri sendiri bahwa saya bisa
  2. Siapkan motor dengan sempurna. Sebaiknya kondisikan posisi motor sesuai standard pabrik, karena berbagai asesories dan modifikasi motor tidak bisa dijamin kualitasnya untuk perjalanan jauh. Contoh, gunakan knalpot standar atau yang asli dari pabrik.
  3. Ganti oli, servis, tune-up, stelan rantai, pemeriksaan tali kopling, tali gas, dan lainnya dengan seksama. Siapkan peralatan ‘tools’ sesuai yang ada.
  4. Siapkan perlengkapan standard pengendara maupun boncenger, antara lain helm berkualitas (wajib hukumnya), jaket, sarung tangan, sepatu.
  5. Pengendara, maupun boncenger jangan pakai sendal! Pakailah sepatu! Karena sepatu untuk faktor safety ketimbang kenyamanan.
  6. Pastikan boncenger hanya satu orang! Jika terpaksa membawa anak dan berkendara sampai 3 orang, pikirkan secara matang resikonya. Selain berbahaya, pada dasarnya motor dirancang hanya untuk dua orang saja.
  7. Jangan bawa barang terlalu banyak. Faktor resiko jatuh, kestabilan, maupun tarikan motor harus dipertimbangkan.
  8. Usahakan melakukan perjalanan mudik berkelompok atau ‘bareng’ dengan teman kerja, tetangga, atau sanak family (adik-kakak).
  9. Dapat peta resmi jalur mudik lebaran yang diterbitkan oleh Department Perhubungan RI. Peta dapat diperoleh secara gratis di pintu Gerbang Tol (dimana saja), Kantor Jasamarga, Toko Buku Gramedia.
  10. Tambahan: baca referensi/pengumuman dari web Departemen Perhubungan Republik Indonesia.

Harinya pun tiba untuk melakukan perjalanan. Inilah beberapa tips selama perjalanan.

  1. Siapkan mental, hati dan pikiran bahwa saya bisa! Jangan kuatir berlebihan. Semua orang punya resiko, apapun dan dimanapun. Berdoa sebelum berangkat adalah kewajiban bagi semua umat, sekaligus meminta pertolongan dan petunjuk kepada-Nya.
  2. Jika perjalanan bersama grup atau “Mudik Bareng”, harap segera berkumpul sesuai waktu dan kesepakatan agar tidak ketinggalan.
  3. Jika terpaksa melakukan perjalanan sendiri atau bersama boncenger, maka sebaiknya pemudik Jabodetabek berangkat subuh hari antara pukul 03.00 s/d pukul 04.00 WIB.
  4. Siapkan fisik dengan baik. Jika berpuasa, kondisikan fisik sebaik-baiknya sesuai rute yang dilewati.
  5. Setiap dua jam perjalanan, berhenti dan beristirahat. Pastikan pengendara dan boncenger memiliki waktu istirahat yang cukup. Kesempatan beristirahat sebaiknya saat berhenti SPBU isi bensin, sekaligus meregangkan badan, sholat, dan melihat kondisi motor serta barang bawaannya.

Selamat Mudik.

info detail liat http://stephenlangitan.wordpress.com/

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s