pengalaman psikotes pertama

mas indra..! tau gak.. echa besok ada panggilan psikotes nih.. lapor adek saya yang baru saja lulus dari kuliahnya.. wah hebat lo cha.. wisuda aja belon dah ada panggilan tes.. iya dong.. sapa dulu kakaknya (nah yang ini gue yang nambahin sendiri– ngarep aje!).. trus psikotes tuh ngapain aja sih mas? tanya adek gue penasaran.. aduuuh.. pokoknya gitu deh.. besok pagi aja ya gue ceritain.. ngantuk nih..

dan ternyata keesokan paginya.. dikarenakan bangunnya telat.. gue pun ga sempet bantuin adek gue menghadapi persiapan psikotes-nya.. ‘mas.. gimana katanya mau bantuin persiapan psikotes gue??!..’ waduh cha.. sori gue dah telat nih.. ntar takut dimarahin bos gue nih.. akhirnya gue pun memberikan penjelasan super singkat tentang psikotes..

jadi begini ya cha.. nanti lo tuh biasanya disuruh gambar dua macem.. pertama.. lo disuruh gambar pohon.. trus abis itu disuruh gambar orang..!’.. oooow… terus gambar pohon apaan? gambar pohon terserah elo.. pokoknya akarnya banyak.. terus buahnya juga yang banyak.. abis itu daunnya juga banyak yah..’ ngapain banyak2 mas?’ yah pokoknya gitu deh.. dengerin aja kata gue.. pasti sip dah.. ‘yakin nih mas? lo gak asal ngomong kan..’ tanya dia dengan penuh keraguan.. ya gak Lah…!

trus orang nya gambar apaan? tanya adek gue lagi.. hmm.. orangnya gambar cowok aja.. lengkap.. jangan cewek! loh knapa? iyaaaa.. soalnya itu tuh ngeliat karakter elo.. kalo lo gambar cewek brati karakter lo tuh feminim.. oh.. oke mas!..

dan akhirnya gue pun berangkat ke kantor.. dan beberapa jam kemudian.. tiba2 ada sms masuk.. dan ternyata dari adek gue.. dengan terbingung2 bertanya2 kok bisa yah lagi psikotes sms-an.. kira2 bunyinya gini..

echa +6281769***** “mas.. kalo gambar orang hrs gimana? kaya kartun superhero atau gimana?”

indra +6281767***** “harus kayak orang beneran pokoknya.. jangan kartun.. trus harus lengkap pokoknya”

echa +6281769***** “BUGIL mas? apa pake baju?.. trus pake sepatu gak??”

indra +6281767***** “GEDUBRAK!.. pake baju lah cha.. geblek!.. pake sepatu boleh kok.. nanti kan gambar itu mencerminkan diri lo.. lo mau disangka gila.. gambar BUGIL..”

akhirnya setibanya dari kantor.. dia pun cengar cengir.. tau gak mas.. ampir aja tuh gue gambar superhero.. lahhh.. emang ada apa superhero BUGIL? ada kali.. itu tuh HULK..! iya dehhh..

dan akhirnya berita terakhir adek gue pun lulus ke tahap selanjutnya.. tahap interview.. syukurlah saran gue buat psikotes terbukti gak ngaco.. semoga sukses deh tes selanjutnya..

jangan gambar orang bugil ketika psikotes…

2 thoughts on “pengalaman psikotes pertama

  1. Indra Hadi berkata:

    akhirnya..
    setelah perjuangan tiada henti.. adek gue keterima kerja..
    luar biasa.. hanya dalam beberapa minggu setelah lulus..
    selamat ya cha!!

  2. Untuk tes psikotes/psikometri/tes aptitude kita perlu persiapan. Paling tidak mengetahui bentuk soal tes yang akan diujikan.

    Mau tau rahasianya untuk LOLOS?

    Lihat disini untuk informasi lengkap tes psikometri.

    Ada juga tips tes psikotes, tes potensi akademik, dan tes aptitude dari vendor konsultan ternama di Indonesia, seperti SHL, Experd, DDI, dll.

    Semoga bermanfaat🙂

Tinggalkan Balasan

