kenapa eh kenapa.. merokok itu haram?

sekelebat teringat senandung lagu judi nya bang rhoma.. yang intinya bertanya kenapa eh kenapa lah.. yah mungkin lagu itu cukup menggambarkan perasaan gundah gulana yang bergejolak di hati.. halah..

yup.. mungkin beberapa minggu terakhir tengah hangat2 nya dibicarakan tentang suatu wacana untuk mengeluarkan fatwa diharamkannya merokok.. rumornya sih katanya nih.. fatwa ini akan diberlakukan setelah lebaran taun ini.. atau dengan kata laen.. berati tinggal satu bulan lagi merokok menjadi barang bebas.. dan selanjutnya merokok akan menjadi haram.. layaknya minuman keras dan video porno pastinya..

kalau disuruh berpendapat objektif akan masalah ini terus terang susah buanget.. secara saya termasuk korban nikmatnya nikotin di setiap hisapannya.. wuih.. mantap.. pokoknya banyak banget yang pro kontra tentang wacana di atas.. dari para pendukung pengharaman rokok ini ada yang bilang memang sudah saatnya diberlakukan karena negara2 tetangga juga dah mengharamkannya sedari dulu.. ada juga yang bilang dengan kandungan 200 macam racun di dalamnya memang sudah pantas merokok itu haram.. dan jika dilihat lagi lebih mendalam dari sudut pandang islam disebutkan kalo merokok itu kegiatan penghamburan uang dan sama sekali tidak memberikan manfaat sama sekali..

dari yang kontra ada yang bilang nanti karyawan2 pabrik rokok gimana.. kan kasian.. mau makan apa kalo mereka di PHK massal.. ada lagi yang berpendapat pendapatan negara akan merosot hingga puluhan bahkan ratusan triliun per taun jika rokok akan menjadi haram.. mau jadi apa negara ini.. wong sekarang aja udah susah.. dan malah ada yang berpendapat sedikit ekstrim banyak kok perokok yang panjang umur dibanding yang tidak perokok.. walaupun saya belum pernah liat penelitian ttg masalah itu.. trus ada yang gila bola mulai paranoid bakalan ga bisa nonton liga2 dunia secara mayoritas sponsornya adalah produsen rokok.. dan juga kalo dilihat banyak juga program sosial yang sering dilakukan oleh para produsen rokok..

yah mengeluarkan fatwa bukanlah suatu pekerjaan enteng.. harus dikaji jauh lebih mendalam mengenai dampaknya ke depan.. dan juga harus melibatkan banyak pihak.. sebagai manusia biasa cuma bisa berharap semoga keputusan yang diambil nanti insya allah akan menjadi yang terbaik dan tidak memberikan dampak yang lebih parah dari saat ini..

wallahualam..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s