karyawan paling bahagia

Barangkali Anda tidak pernah membayangkan bahwa para tentara dan terapis kecantikan memiliki tingkat kepuasan yang tinggi terhadap profesi mereka. Bahkan, para akuntan yang berurusan dengan angka-angka juga termasuk karyawan yang bahagia di tempat kerja.

Demikian hasil survei Happiness Index terbaru yang dilakukan oleh City&Guilds, Inggris. Bagaimana dengan para profesional bidang HR? Posisi mereka naik ke peringkat ke-13 (dalam 20 besar) dari urutan ke-17 tahun lalu.

Dengan peringat tersebut, para profesional HR masih lebih puas dengan pekerjaannya dibandingkan dengan orang-orang IT.

Laporan hasil survei menyebutkan, gaji bukankah faktor terpenting dalam urusan kepuasan kerja.

Hampir 6 dari 10 karyawan mengaku bahagia bekerja di tempat kerja mereka sekarang karena mereka memang memiliki ketertarikan yang besar dengan bidang yang mereka geluti. Selebihnya, 44% masih menyebut gaji sebagai sumber kepuasan mereka.

Hubungan yang baik dengan rekan sekantor dan keseimbangan yang sehat antara pekerjaan dan urusan pribadi juga dihargai lebih besar oleh karyawan ketimbang gaji.

Profesor psikologi dan kesehatan organisasi pada Lancaster University Cary Cooper mengatakan, “Happiness Index yang dirilis oleh City&Guilds ini memberikan dorongan bagi komunitas bisnis untuk mengambil langkah memikirkan kembali strategi-strategi reward dan sistem pengakuan mereka, dan mempertimbangan kebutuhan-kebutuhan karyawan di atas basis individu.”

“Era bagi kebijakan-kebijakan HR dengan pendekatan umum telah berakhir. Kini, pendekatan yang fleksibel lebih diperlukan jika bisnis ingin menciptakan karyawan yang bahagia dan produktif,” tambah dia.

Berikut 5 bidang yang paling memberikan kepuasan bagi karyawan, menurut City&Guilds, Inggris:

1. Beauty therapists

2. Hairdressers; dan Armed Forces

4. Catering/chefs

5. Retail

Sementara, yang masuk daftar 20 besar antara lain jurnalis, ahli mesin/otomotif, HR, staf call centre, spesialis IT, perawat, bankir/keungan dan bangunan/konstruksi.

kutipan dari portalhr

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s