mencoba menjadi web desainer

belajar dari apa yang sedang saya kerjakan saat ini, saya mencoba memaparkan tahapan-tahapan dalam membuat web desain. Mungkin tahapan-tahapan ini adalah tidak mutlak adanya dan dengan menjunjung tinggi semangat berbagi, mungkin dapat diberikan masukan-masukan dari rekan2 semua.

Penentuan Tujuan

Dalam hal ini, kita dituntut untuk memahami benar apa sebenarnya tujuan dari pembuatan web tersebut. Mungkin dapat dibuat semacam kuosioner dan metode checklist untuk memilah prioritas-prioritas tujuan utama pembuatan web tersebut.

Kemudian juga penetapan sebenarnya pembuatan web ini ditujukan untuk siapa? mungkin pengkategoriannya dapat berdasarkan umur, background education, atau scope pekerjaan.

Konsep Awal

Setelah diperoleh data2 awal, langkah selanjutnya adalah desain konsep web yang akan dibuat, dimulai dari apakah web tersebut hanya menjelaskan sebatas profile information, atau mungkin dapat memberikan kesempatan untuk saling berinteraksi antar pengunjung, atau bahkan gabungan dari keduanya.

Baru setelah itu masalah tampilan menyesuaikan dengan konsep yang telah ditentukan sebelumnya. Sebagai informasi untuk pengumpulan referensi dapat melihat http://www.templatemonster.com sebagai pemacu ide2 kreatif.

pembuatan site map

Ini merupakan fase cukup kritis karena disini akan dilakukan suatu proses pemetaan terhadap kerangka web yang akan dibuat.  Fase ini berguna dalam penentuan menu navigasi dan link yang berkaitan dalam web tersebut.

Mungkin sedikit saran, dalam halaman pembuka tidak terlalu menampilkan terlalu banyak tampilan dan cukup bersifat umum saja. Hal ini dirasakan perlu karena agar pengunjung yang datang tidak terlalu banyak diberikan pilihan sehingga web tersebut akan terasa tidak membingungkan dan menjadi mudah ditelusuri.

project management

Walau pembuatan web ini terbilang sederhana, namun aplikasi project management dapat diterapkan dalam tahapan pembuatan web ini. Elemen terpenting adalah pembuatan schedule yang dibuat cukup detail sehingga progress dapat terukur.

Sebaiknya disediakan sesi konsultasi dengan user sebanyak-banyaknya justru pada tahap2 awal pembuatan web, karena pada tahapan itulah justru masukan2 sangat diperlukan. Dan dihindari adanya perubahan2 ataupun revisi pada fase konstruksi karena akan membuat schedule yang dibuat akan delay dan akan butuh effort lebih besar lagi untuk melakukan perubahan tersebut.

One thought on “mencoba menjadi web desainer

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s