6 minggu usia kehamilan (2) : Batuk saat Hamil

Posted on

Batuk saat Hamil

Saya ingin berbagi cerita tentang apa yang terjadi dengan istri saya ketika memasuki usia minggu ke-6 usia kehamilannya. Pada minggu ini istri saya sempat mengalami gejala flu disertai batuk akut. Batuk dan pilek yang dialami ketika ibu sedang hamil sungguh amat menyiksa karena ketika batuk otot perut seperti berkontraksi sehingga akan terasa nyeri. Saya pun sempat bingung apa obat yang aman ketika istri saya hamil.

Karena ketika itu hari minggu, setelah mencoba browsing internet untuk mencari informasi tentang obat batuk yang aman untuk ibu hamil sebagai tindakan awal saya sempet membelikan OBH untuk meredakan batuknya sampai selanjutnya kontrol ke dokter kandungan pada keesokan harinya. Hari Senin pun tiba dan istri menguatkan diri untuk tetap beraktivitas bekerja walau dalam kondisi flu berat. Selepas pulang kantor kami pun menyempatkan diri untuk kembali kontrol ke RS.

Setelah kontrol ke dokter dan mendengar keluhan sang istri akhirnya dokter memberikan saran untuk istirahat dulu di rumah selama tiga hari dan juga memberikan obat batuk “ALCO” dan menyarankan untuk minum CDR. Obat batuk “ALCO” ini cukup ampuh untuk batuk tidak berdahak yang dialami istri saya, namun efek samping nya adalah efek mengantuk yang teramat sangat.

Batuk yang diderita istri selama tiga hari istirahat di rumah pun berangsur mereda, namun mual yang dirasa selama istirahat tersebut semakin menjadi. Rasa ingin muntah yang dirasakan ketika mencium aroma masakan rumah semakin menjadi. Susu untuk ibu hamil pun sempat tidak diminum. Pada periode ini kondisinya sangat lemah mungkin dikarenakan asupan makanan dan minuman kurang.

Bagi ibu hamil yang mengalami batuk akut, pada awalnya cobalah untuk beristirahat dulu di rumah dan perbanyak minum vitamin dan air putih. Jika memang batuk belum mereda cobalah untuk konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter mengenai obat yang aman untuk ibu hamil. Tetap menjaga asupan makanan dan minuman untuk menjaga kondisi fisik agar tetap fit.

About these ads

One thought on “6 minggu usia kehamilan (2) : Batuk saat Hamil

    […] This post was mentioned on Twitter by Udien's, Indra Hadi Saputro. Indra Hadi Saputro said: 6 minggu usia kehamilan (2) : Batuk saat Hamil: http://wp.me/pheAb-hr […]

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s