Celoteh Ayah: 6 minggu pertama usia kehamilan (1)

Posted on

Fase Awal Kehamilan

Alhamdulillah kehamilan istri saya sudah memasuki 6 minggu usia kehamilan. Banyak hal-hal baru yang saya dan istri alami karena inilah pengalaman pertama kami sebagai calon ayah dan ibu. Jadi saya mau berbagi apa yang kami alami selama 6 minggu pertama ini.

Setelah hasil positif dari tes kehamilan yang kami gunakan, akhirnya kami pun memberanikan diri untuk ke dokter. Setelah mempertimbangkan jarak dan lokasi akhirnya kami memutuskan untuk memeriksakan kandungan ke RS Hermina Jatinegara. Namun, dari hasil pemeriksaan USG belum terlihat janin yang ada di dalam kandungan. Dan sang dokter pun menyarankan untuk 2 minggu kemudian datang kembali untuk kontrol. Pada kunjungan pertama ini, sang dokter hanya memberikan vitamin dan obat penguat rahim. Jujur dalam hati sempet sedikit timbul rasa kecewa karena sang janin belum nampak, namun menurut dokter hal ini wajar karena dimungkinkan usia kehamilan yang masih relatif muda.

Akhirnya kami pun menjalani aktivitas seperti biasa, pada saat ini gejala mual tidak dirasakan oleh sang istri, namun sesekali merasakan nyeri di perut. Belum sampai 2 minggu sampai jadwal kontrol dokter selanjutnya, tepatnya 1 minggu setelah kontrol terakhir, sang istri mengabari saya bahwa ada rasa nyeri yang teramat sangat seperti yang dirasakan saat haid. Saya pun agak khawatir dan akhirnya memutuskan untuk kontrol dipercepat ke rumah sakit.

Selama perjalanan menuju rumah sakit, sang istri dalam kondisi sangat pucat. Tangannya dingin. Saya hanya bisa berdzikir dalam hati semoga semuanya baik-baik saja. “Mas.. kalo memang ternyata belum dikasih jangan sedih ya…” dan saya sambil terus berdoa saya pun menyiapkan diri atas segala kemungkinan yang terjadi.

Transvaginal-Ultrasound

Setiba di rumah sakit, dikarenakan jadwal dokter sebelumnya tidak praktek ketika itu, akhirnya saya pun harus memilih dokter lain. Sebanyak itu nama dokter saya pun pilih secara acak aja deh jadinya dengan pertimbangan yang penting istri dapat tertangani dengan cepat. Akhirnya kami pun masuk dan ternyata dokter yang saya pilih masih tergolong dokter muda untuk ukuran dokter spesialis kandungan. Dan setelah menceritakan apa yang dikeluhkan dokter pun melakukan USG untuk melihat kondisi kandungannya.

“Alhamdulillah.. kamu hamil nih.. sudah terlihat” ujar pak dokter. Subhanallah perasaan khawatir pun langsung hilang dan rasanya bahagia banget. Namun ini belum jelas janinnya jadi harus diliat dengan metode transvaginal. Apa itu metode transvaginal? Yah secara singkat adalah melihat kondisi janin dengan menggunakan alat ultrasound melalui vagina.

Awalnya istrinya sedikit canggung, namun ternyata alat tersebut tidak dioperasikan oleh sang dokter tetapi dibantu oleh suster. Dan barulah setelah menggunakan metode transvaginal ini, sang janin pun mulai terlihat. Subhanallah. Terlihat begitu mungil dan sudah mulai terlihat detak jantungnya. “Wah hebat kalian udah sukses bikin jantungnya nih” canda pak dokter.

Dari informasi yang diberikan berdasarkan hasil amatan dokter bahwa usia kehamilan sudah memasuki minggu ke-6. Selain itu ada beberapa masukan dari sang dokter, bahwa nyeri yang dirasakan itu mungkin disebabkan karena banyak hal diantaranya karena terlalu letih atau juga karena sang ibu merasakan stres jadi harus istirahat yang cukup. Selain itu dokter juga berpesan bahwa selama masa kehamilan harus tetap banyak minum air putih minimal 2 liter dan juga perbanyak makanan berprotein. Porsi makan pun harus dijaga, tidak harus banyak namun sering.

4 pemikiran pada “Celoteh Ayah: 6 minggu pertama usia kehamilan (1)

    shofi berkata:
    September 14, 2011 pukul 10:17 am

    saya sekarang hamil sudah 10 minggu, ttp saya USG dokter bilang belum terlihat janinnya. saya jadi strees ini kehamilan anak ke 2 saya. semoga sehat2 sya amiin. mohobn bantuannya ?

    Jenny wijaya berkata:
    Maret 26, 2012 pukul 8:55 am

    Usia kehamilan saya juga memasuki 6minggu, smlm sabtu saya baru check ke dokter….da katanya janin saya lom kelihatan, emank kek gt ya…kalo dalam usia kehamilan menginjak 6minggu masi kecil ya,,,,?dan biasa mau ke berapa minggu ya baru bs kelihatan janin ya….mohon bantuannya ya…tq….

    Indra Hadi responded:
    April 25, 2012 pukul 7:06 pm

    Biasa nya di minggu ke 8 mba br kliatan,, tp beda2 sih tiap org..

    akbar avi berkata:
    Mei 28, 2012 pukul 8:08 am

    SUBKHANALLOH….
    saat istri saya hamil 6 minggu 3 hari kantung janin sudah terlihat dg abdomial USG….ukurannya 16.3 mm meski profil janinnya belum kelihatan… 3 minggu lagi disarankan utk kontrol… saat usia 7 minggu perut sangat tidak nyaman juga lemes bawaanya meski tidak mual. inginnya makan yg seger2…
    Oya jaga diri jgn sampai kurang gisi n zat besi, konsumsi makanan & suplemen penambah darah seperti sari kurma, disamping meningkatkan darah juga mengandung asam folat tinggi…

Tinggalkan Balasan

